Siap-siap berputar 360 derajat di Jungleland

Bogor, si Kota Hujan, bisa jadi tujuan wisata yang menyenangkan saat akhir pekan atau libur panjang, meski Anda mesti bersabar menghadapi kemacetan lalu lintasnya. Sebab, di kota yang berada cukup dekat dengan Jakarta ini Anda bisa melakukan banyak kegiatan.

Siap-siap berputar 360 derajat di Jungleland

Mulai dari mencicipi kuliner khasnya, berolahraga di Kebun Raya Bogor, memperkaya pengetahuan dengan mengunjungi museum, hingga bermain di taman rekreasi populer, Jungleland.

Taman bermain ini dikenal akan kemiripannya dengan Dunia Fantasi yang berlokasi di Jakarta. Padahal, ketika Beritagar.id berkunjung, suasana serta tata bangunan JungleLandAdventure Theme Park Sentul rasanya lebih mirip dengan Universal Studio Singapore.

Di gerbang masuknya Anda bisa menemukan bola raksasa bertuliskan Jungleland. Lalu Anda akan berjalan sepanjang lorong yang dipenuhi penjaja makanan serta cenderamata yang dinaungi atap baja ringan.

Rasa penasaran membawa kami ke daerah Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat ini. Sebab, belum lama taman bermain tersebut merilis dua permainan terbarunya.

Pertama ialah Safari Dino. Di wahana ini Anda akan diajak berkeliling menaiki mobil untuk menjelajahi taman. Uniknya, taman dibangun menyerupai dunia saat dinosaurus belum punah.

Ya, di sini Anda bisa melihat langsung beberapa jenis dinosaurus buatan. Sebab Safari Dino memang dirancang sebagai sarana pengenalan dan edukasi kepada pengunjung, terutama para pelajar, untuk mengetahui aneka jenis dinosaurus dan masa hidupnya.

Pengunjung dapat melihat aneka jenis dinosaurus yang dapat bergerak dan bersuara dengan menaiki kereta yang berjalan memasuki hutan buatan yang berisi robot hewan purbakala tersebut. Tak tanggung-tanggung Jungleland juga menyediakan pemandu wisata yang akan menjelaskan jenis-jenis satwa tersebut dan masa hidupnya.

Safari Dino
Safari Dino
© Doc. Jungleland /Jungleland

Setelah itu ada pula Octopus. Dari namanya saja sudah terbayang wahana ini akan berbentuk gurita raksasa. Octopus merupakan salah satu wahana yang diklaim cukup menegangkan.

Di wahana berwarna oranye tersebut ada sebuah kursi panjang berdaya tampung 20 orang, tempat Anda akan duduk yang dilengkapi dengan alat pengaman.

Kaki-kaki gurita ini perlahan naik ke udara, membawa Anda ke ketinggian sekitar 10 meter dari tanah. Setelah mencapai ketinggian maksimal, Anda akan dibawa berputar 360 derajat selama beberapa menit.

“Menegangkan, tapi nggak pusing kok. Kirain bakal seram banget, taunya nggak. Malah seru!” cerita Andro, salah satu penumpang Octopus kepada Beritagar.id.

Meskipun dinilai seru, anak-anak tak diizinkan untuk menaiki wahana ini. Di gerbang wahana pun tertulis dengan jelas bahwa Anda harus memiliki tinggi badan minimal 135 cm untuk dapat menaikinya.

Salah satu wahana yang memacu adrenalin lainnya yakni Snake Coaster. Wahana ini diklaim sebagai yang terpanjang di Indonesia dengan panjang rel 535m dan mampu membawa Anda dengan kecepatan 65km/jam di ketinggian 22 meter dalam waktu 150 detik.

Namun, saat ini Snake Coaster masih dalam persiapan untuk segera dibuka untuk umum dalam waktu dekat.

Taman yang dapat menampung 30 ribu orang ini berada di kawasan Sentul City seluas 35 ha. Untuk mencapainya dari Jakarta, Anda bisa mengakses tol Jagorawi dan keluar di pintu tol Sentul Selatan KM 36.

Claudia Ingkiriwang selaku Presiden Direktur PT Jungleland Asia mengatakan, dengan eksistensi Jungleland ia berharap dapat memenuhi hasrat penduduk di wilayah Jabodetabek yang menginginkan tempat wisata yang sesuai untuk setiap anggota keluarga, berlokasi sedikit di luar kota, dan memiliki nuansa pegunungan.

Untuk menikmati semua wahana yang ada di sini, Anda akan dipungut biaya tiket sebesar Rp220 ribu per orang untuk hari libur dan akhir pekan, sementara pada hari biasa dijual Rp165 ribu.

Urusan kuliner, di sini juga terdapat area restoran yang cukup lengkap. Selain itu tersedia juga fasilitas umum seperti musala, toilet, ruang P3K, lemari berkunci, ruang menyusui, tenda, tempat istirahat, hingga kereta dorong untuk bayi.

Untuk keamanan pun, para pegawai Jungleland sudah dipastikan memiliki sertifikat HSE (Health and Safety Executive).

Leave a Comment